Program MEMBERI

“Yang paling menakutkan dari kondisi kemiskinan bukan ketiadaan air, listrik, dan pendidikan saja, tetapi kehilangan harapan dan impian”

img_7370

Program MEMBERI di Minut Bitung

Program MEMBERI adalah program yang diinisiasi oleh Edukarir Indonesia sejak tahun 2012. Kami memiliki visi dan misi di dalam membantu generasi muda Indonesia menemukan impian hidupnya sehingga seluruh anak negeri dapat bebas dari jeratan kemiskinan. Kemiskinan tidak hanya dilihat dari jumlah materi, bangunan tetapi miskin mimpilah yang membuat sang anak merasa tidak memiliki harapan lagi. Metode yang kami gunakan adalah membantu anak-anak di daerah target menemukan minat, kepribadian, dan bakat mereka sehingga mereka memiliki kepercayaan diri di dalam perjalanan menemukan jati diri, impian dan hidup mereka.

 

Latar Belakang Program

Akibat Salah Jurusan: Salah Jalur Hidup dan Pergaulan!

Dampak negatif dari salah jurusan ini antara lain mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat.latar-belakang-program-memberi

Untuk individu, salah jurusan mempengaruhi kepercayaan diri, cara berpikir dan pola hidup keseharian terutama selama 4 tahun di bangku kuliah hingga usia tua. Dari hasil penelitian ini ditemukan tiga dampak negatif dari salah jurusan antara lain terhadap kondisi mental (Psikologis), kondisi nilai perkuliahan (Akademis), dan kualitas hubungan antar manusia (Relasional).

Sedangkan pengaruh terhadap masyarakat adalah tidak optimalnya sumber daya manusia yang pada akhirnya mempengaruhi level produksi sebuah Negara dan jaminan lapangan pekerjaan. Seringkali kita temui bahwa setelah selesai kuliah, sebagian besar akan memiliki profesi yang ada. Tidak terciptanya lapangan dan sumber daya manusia yang beragam menyebabkan Indonesia “miskin” akan sumber daya manusia.  Hal inilah yang menyebabkan Indonesia duduk di rangking 109 dari 190 yang diukur di dalam Global Talent Development Index. Sebuah penelitian yang mengukur kualitas sumber daya manusia.

Program Memberi memfasilitasi donasi dari individu/kelompok/organisasi/perusahaan yang memiliki motivasi untuk membantu anak-anak kurang mampu untuk mendapatkan tes bakat minat agar sang anak memiliki arah hidup, kepercayaan diri dan mimpi.

 

Kerjasama dengan Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara

Program Pendidikan di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Edukarir bekerja sama dengan Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara dalam bidang tes bakat minat serta bimbingan karir yang digunakan sebagai basis seleksi pemberian beasiswa pendidikan S-1, pemetaan potensi dan pemberian rekomendasi kepada pemerintah setempat.

 

Proyek Memberi di NTT

parameter kami dalam mengukur dampak program

Sejauh ini program yang kami jalankan bersama Yayasan Wilwatikta Sriphala Nusantara ini memiliki beberapa efek positif yaitu:

  • Penerimaan dan tingkat pembelajaran tiap siswa dari NTT meningkatparameter kami dalam mengukur dampak program
  • Berdasarkan tes psikologi perubahahan sangat tinggi di sektor afektif dibanding cognitive / conative
  • Selesai sesi belajar, terdapat peningkatan nilai  tryout sebesar 5-20% , padahal mereka memiliki gap edukasi yang sangat besar
  • Secara garis besar, program ini memiliki tingkat kesuksesan 60-80% diterima di perguruan tinggi negeri, dan 5% lebih sedikit kesalahan dalam pemilihan jurusan

 

donasi

Partisipasi

Dengan memberikan donasi sebesar Rp. 295.000 per anak maka Anda telah memfasilitasi pengadaan tes bakat minat Edukarir, pengarahan karir dan buku tentang karir kepada anak yang kurang beruntung.

Donasi Anda dapat disalurkan ke sini

Setiap donatur akan tertera namanya secara langsung di website ini dan akan mendapatkan update tentang feedback dari anak yang dibantu via email

Testimoni